<Interview Keyakizaka46 Risa Watanabe>Memotong Rambut sampai 20 cm adalah Titik Baliknya! Resolusi dan Mimpi “Berisa” yang Mengalami Perubahan Besar di Tahun Pertama Debut

Keyakizaka46 tampil untuk pertama kalinya di “NHK Kouhaku Uta Gassen” hanya dalam jangka waktu 8 bulan setelah debut. Para gadis yang memicu terjadinya angin topan di industri musik, menutup tahun 2016 dengan cara terbaik. Meskipun sang center yang masih SMP, Hirate Yurina, memiliki daya ekspresi yang luar biasa yang bahkan menyita banyak perhatian media, namun sebenarnya ada seseorang lagi yang punya reputasi sekaligus mencapai perubahan yang paling besar, termasuk dari segi penampilan, sejak pembentukan grup pada bulan Agustus 2015. Dia adalah seseorang berwajah kecil dengan tangan dan kaki panjang yang menarik perhatian, Risa Watanabe (18 tahun). Modelpress telah bertanya kepada Watanabe yang dicintai penggemar dengan panggilan “Berisa”, mengenai tahun lalu yang begitu mengejutkan sekaligus tentang resolusinya di tahun ini.

Memutar Ulang Tahun 2016 
― Tahun 2016 itu tahun yang seperti apa?
Watanabe: Aku diberi kesempatan untuk mengalami banyak hal, 1 tahun yang begitu lengkap. Tahun yang sangat padat. Yang paling berat adalah drama (Tokuyama Daigoro wo Dare ga Koroshita ka?). Kami terus syuting di dalam ruangan, kami jadi tidak tahu kondisi cuaca, kami juga jadi tidak tahu hari ini hari apa misalnya. Kami terus melakukan hal yang sama selama berhari-hari, jadi itu sangat sangat emosional.
―Sebaliknya hal apa yang paling menyenangkan?
Watanabe: Semuanya menyenangkan jadi sangat sulit untuk memilih, tapi jika itu hal yang terjadi belakangan ini, maka itu adalah One Man Live di Hari Natal. Melakukan pertunjukan dan menggerakkan tubuh adalah hal yang kusukai, jadi itu adalah 2 hari yang sangat menyenangkan. Sesama member berkontribusi menyampaikan opininya dalam rehearsal dan latihan, kemudian mengulang berkali-berkali untuk mengoreksi koreografi yang diberikan TAKAHIRO-sensei sampai ke hal yang paling detail. Menurutku itu adalah pertunjukan yang benar-benar dibuat oleh kami semua.
“Perubahan Gaya Rambut” adalah Titik Balik 
―Terpilih sebagai member baris terdepan di single kedua “Sekai ni wa Ai shikanai” (rilis Agustus), kemudian silih berganti muncul di majalah wanita seperti “LARME” sejak Juli sampai Desember. Juga berjalan di catwalk sebagai model di “GirlsAward 2016 AUTUMN/WINTER” di bulan Oktober. Menurut kami perubahan gaya rambut menjadi “rambut pendek” adalah titik balik yang besar.
Watanabe: Ya, menurutku memotong rambut sampai 20 cm adalah hal yang sangat besar. Sebelumnya aku tidak bisa membayangkan diriku dengan rambut pendek, aku sangat bersyukur telah menanyakan pendapat orang-orang di sekitarku. Tapi sekarang sudah tumbuh cukup panjang. Bukan gaya rambut panjang, melainkan gaya medium yang hampir sebahu, aku bersenang-senang dengan berbagai macam tata rambut.
Diberi kesempatan berjalan di catwalk “GirlsAward” adalah pengalaman yang sangat berharga. Kecepatan berjalan dan sikap tubuh, instruktur mengajariku sampai ke hal yang detail, menjelang hari-H, aku berlatih dengan sungguh-sungguh. Saat Hari-H aku merasa gugup, tapi aku berharap bisa tampil lagi suatu saat.
―Fashion show dan majalah wanita adalah kesempatan yang bagus agar bisa dikenal sesama perempuan ya?
Watanabe: Saat acara jabat tangan, pernah ada gadis yang bilang “Aku jadi penggemarmu karena melihatmu di majalah fashion”, aku benar-benar merasa sangat senang. Kemudian, pada saat itu aku jadi merasa ingin bekerja lebih keras. Keyakizaka46 punya banyak lagu yang penampilannya keren. Meskipun kami semua biasanya ribut sendiri dan berbicara sambil tersenyum, tapi saat pertunjukan kami seolah menekan saklar yang membuat ekspresi kami berubah. Aku ingin gap semacam itu juga dilihat oleh sesama perempuan.
Lihatlah Bagian Ini dari Diriku! 
―Bagi Watanabe-san sendiri, adakah bagian dari sendiri yang “aku ingin sesama perempuan melihat bagian ini”?
Watanabe: Aku sering dibilang sebagai seseorang yang cool, tapi aku adalah tipe orang yang cukup bersemangat. Aku juga mudah merasa antusias *tertawa*. Terutama saat bersama dengan member! Akhir-akhir ini, kupikir aku bisa sedikit demi sedikit mengeluarkan diriku yang biasanya di berbagai tempat. 
―Apakah itu berarti dengan mendapatkan berbagai pengalaman telah mengubah hal yang ada di dalam dirimu? 
Watanabe: Saat inipun aku masih pemalu, tapi menurutku aku sudah sedikit berubah. Sebelumnya, saat interview sekalipun, aku lebih banyak diam tanpa banyak bicara, tapi sekarang aku bisa langsung mengatakan hal yang ada dalam pikiranku. Menurutku dalam hal itu aku sudah berkembang. Tapi aku masih sering merasa gugup. Misalnya sebelum pertunjukan, untuk menghilangkan rasa gugup, saat di belakang panggung aku meminta member lain memukul punggungku, kemudian aku akan berteriak *tertawa*. Itu membuatku cukup tenang.
―Berteriak? Aku kesulitan membayangkannya *tertawa*. 
Watanabe: Aku berteriak “UWAAAA~~!”. Itu adalah suara terkerasku *tertawa*. Saat “Overture” diputar, seberapa keraspun aku berteriak, suaraku tidak akan terdengar bahkan dari jauh sekalipun.
Resolusi di tahun 2017.
―Tolong sampaikan resolusimu di tahun 2017.
Watanabe: Resolusiku sebagai grup adalah aku ingin melakukan tur. Aku suka melakukan pertunjukan, jadi aku ingin berkeliling ke lebih banyak tempat, aku ingin lebih banyak orang mengenal Keyakizaka46. Resolusi pribadiku adalah aku ingin lebih bisa mengatakan hal yang ada dalam pikiranku, kemudian lebih bisa mengeluarkan diriku yang sesungguhnya walau sedikit, itulah tujuanku. Kemudian, karena aku suka hal yang berhubungan dengan pakaian, aku juga tertarik dengan pekerjaan sebagai model. Menurutku pasti ada banyak hal yang berat, tapi jika memungkinkan aku ingin mencobanya terus menerus. Aku mendapat banyak motivasi dari member Keyakizaka46. Semuanya punya kepribadiannya masing-masing, aku ingin menyerap semua hal yang positif, sekaligus meningkatkan kemampuanku sendiri. Di tahun 2017, aku akan bekerja lebih keras dibandingkan tahun lalu.
Rahasia dalam Meraih Mimpi.
―Tolong berikan pesan-pesan kepada para gadis yang sedang berjuang dan ingin meraih mimpinya.
Watanabe: Melakukan riset. Jika kalian punya tujuan misalnya “Aku ingin menjadi seperti ini!”, maka untuk mendekatkan kalian dengan tujuan itu, menurutku sangat penting untuk menemukan metode yang cocok dengan diri kalian sendiri. Kemudian, menurutku lebih baik untuk mengucapkannya dengan mulut kalian, seperti “Aku ingin hal ini!”. 
―Apa mimpi Watanabe-san?
Watanabe: Mimpi? Boleh apa saja? Aku belum menentukan ingin tinggal di mana, tapi aku ingin tinggal di luar negeri *tertawa*. Seumur hidup aku belum pernah pergi ke luar negeri… *senyum pahit*. Meskipun tidak masalah pergi ke luar negeri karena masalah pekerjaan, tapi aku ingin pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya saat sedang liburan! Terlebih lagi, aku sudah memutuskan akan pergi ke Hawaii *tertawa*. Jika mimpi dalam pekerjaan, aku ingin melakukan pertunjukan di tempat yang besar!
Kepribadian cool yang diperlihatkannya di acara variety, kemudian gap yang yang terpancar dari kelembutan hatinya yang kikuk. Cool? Atau imut? “Berisa” memiliki atmosfer unik yang memikat para penggemar. Di antara para penggemar ada suara-suara yang mengatakan, “Meskipun tidak terlihat, tapi pasti dia punya sifat tidak ingin kalah”. Saat menanyakan hal itu padanya, dia mengatakan dengan jelas “Jika sudah melakukan suatu hal, sudah pasti aku tidak ingin kalah, aku ingin menyelesaikannya sampai tuntas!”. Modelpress percaya bahwa kegiatan solonya akan semakin bertambah. “Aku ingin melepaskan berbagai imej yang kalian buat terhadap diriku” ――― Jangan alihkan perhatian kalian dari “Berisa” yang membakar semangat juangnya dengan tenang di tahun 2017.
Pernah diterbitkan di: http://hunter934.tumblr.com/post/156937982292/interview-keyakizaka46-risa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BRODY February 2018 - Ikeda Kazuma x Shinguu Ryouhei "A Dialogue of Keyakizaka46’s Music Videos"

Quick Japan Vol.135 – TAKAHIRO